Kamis, 16 Mei 2013

satlane nyong



SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING



A.    Topik permasalahan/Pokok pembahasan         : Rendah Diri                           

B.     Bidang Bimbingan                                            : Bimbingan Belajar

  1. Jenis Layanan                                                    : Layanan Informasi

  1. Fungsi Layanan                                                 : Pemahaman dan Pengembangan

E.     Tujuan Layanan / Hasil yang ingin dicapai   : - Agar siswa dapat mempunyai rasa percaya
 diri
  - Siswa mampu membiasakan diri di
    manapun
  - Siswa mampu menandai buku yang di   
    baca

  1. Sasaran Layanan                                               : Siswa Kelas VII D

  1. Uraian kegiatan dan  materi layanan                          
1. Kegiatan Awal                                              : - salam
  - perkenalan
  - cek daftar hadir siswa
  - Penjelasan materi

2. Kegiatan Inti                                           : Rendah Diri
                                                                            a. Pengertian rendah diri
                                                                            b. Sebab timbulnya perasaan rendah diri
                                                                            c. Ciri – cirri orang yang rendah diri

3. Kegiatan Akhir                                       :  - Kesimpulan
                                                                    - Tanya Jawab
                                                                    - Penutup

  1. Metode / Pendekatan                                        : Ceramah dan Tanya Jawab

  1. Tempat Penyelenggaraan                                : Ruang kelas VII D


  1. Waktu                                                                          : 1 X 45menit ( 07.45 – 08.30 )
    Hari / Tanggal                                                  : Rabu / 21 Maret 2012

  1.  Penyelengaraan Layanan                                : Praktikum Cici Siswanti

  1. Pihak-pihak yang disertakan                              : Guru pembimbing, siswa

  1.  Alat dan perlengkapan yang di gunakan         : - Buku panduan materi
    - Perlengkapan kelas

  1. Rencana penilaian dan tindak lanjut                  : Konseling individu

  1. Keterkaitan dengan layanan                              : Himpunan data

  1. Catatan khusus                                                   : Diharapkan adanya perubahan pada diri
   siswa dan siswa dapat merasa percaya  diri

























         Brebes, 21 Maret  2012                                                                            
            Mengetahui,                                                             
            Guru Pembimbing                                                    Praktikum
           



              NURDININGSIH, S.Pd                                    CITADEWI
                                   
                NIP.  -                                                                      NPM. 1111500085
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING



A.    Topik permasalahan/Pokok pembahasan         : Tata Krama di Sekolah                        

B.     Bidang Bimbingan                                            : Bimbingan Belajar

  1. Jenis Layanan                                                    : Layanan Informasi

  1. Fungsi Layanan                                                 : Pemahaman dan Pencegahan

E.     Tujuan Layanan / Hasil yang ingin dicapai : - Menjelaskan tentang tata krama di sekolah
  - Siswa mendengarkan penjelaskan dari guru pembimbing
  - Siswa mampu menandai buku yang di baca

  1. Sasaran Layanan                                               : Siswa Kelas VII D

  1. Uraian kegiatan dan  materi layanan                          
1. Kegiatan Awal                                              : - salam
  - perkenalan
  - cek daftar hadir siswa
  - Penjelasan materi

2. Kegiatan Inti                                          : Tata Krama di Sekolah
                                                                            a. Pengertian dari Tata krama di sekolah
                                                                            b.Mengubah kebiasaan buruk ini dan      menggantinya dengan kebiasaan baik


3. Kegiatan Akhir                                       :  - Kesimpulan
                                                                    - Tanya Jawab
                                                                    - Penutup

  1. Metode / Pendekatan                                        : Ceramah dan Tanya Jawab

  1. Tempat Penyelenggaraan                                : Ruang kelas VII D


  1. Waktu                                                                          : 1 X 45menit ( 07.45 – 08.30 )
    Hari / Tanggal                                                  : Sabtu / 24 Maret 2012

  1.  Penyelengaraan Layanan                                : Praktikum Cici Siswanti

  1. Pihak-pihak yang disertakan                              : Guru pembimbing, siswa

  1.  Alat dan perlengkapan yang di gunakan         : - Buku panduan materi
   - Perlengkapan kelas

  1. Rencana penilaian dan tindak lanjut                  : Perubahan tingkah laku siswa setelah di
     berikan layanan

  1. Keterkaitan dengan layanan                              : Himpunan data

  1. Catatan khusus                                                   : Layanan ini perlu di berikan karena siswa
                                                                      kurang memahami tata krama yang ada
























         Brebes, 24 Maret  2012                                                                            
            Mengetahui,                                                             
            Guru Pembimbing                                                    Praktikum
           



              NURDININGSIH, S.Pd                                       Cita dewi
                                   
                NIP.  -                                                                      NPM. 1111500085
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING



A.    Topik permasalahan/Pokok pembahasan         : Cara Mengatasi Kesulitan Belajar                   

B.     Bidang Bimbingan                                            : Bimbingan Belajar

  1. Jenis Layanan                                                    : Layanan Informasi

  1. Fungsi Layanan                                                 : Pengentasan

E.     Tujuan Layanan / Hasil yang ingin dicapai     : - Siswa memiliki cara belajar yang baik
    - Siswa mendapat nilai yang baik
    - Siswa mampu menandai buku yang di
      baca

  1. Sasaran Layanan                                               : Siswa Kelas VII D

  1. Uraian kegiatan dan  materi layanan                          
1. Kegiatan Awal                                              : - salam
  - perkenalan
  - cek daftar hadir siswa
  - Penjelasan materi

2. Kegiatan Inti                                          : Cara Mengatasi Kesulitan Belajar
                                                                            a. Pengertian belajar
                                                                            b. Faktor yang mempengaruhi kesulitan
                                                                      dalam belajar
                                                                            c. Cara mengatasi kesulitan belajar di
                                                                      sekolah

3. Kegiatan Akhir                                       :  - Kesimpulan
                                                                    - Tanya Jawab
                                                                    - Penutup

  1. Metode / Pendekatan                                        : Ceramah dan Tanya Jawab

  1. Tempat Penyelenggaraan                                : Ruang kelas VII D


  1. Waktu                                                                          : 1 X 45menit ( 07.45 – 08.30 )
    Hari / Tanggal                                                  : Rabu / 28 Maret 2012

  1.  Penyelengaraan Layanan                                : Praktikum Cici Siswanti

  1. Pihak-pihak yang disertakan                              : Guru pembimbing, siswa

  1.  Alat dan perlengkapan yang di gunakan         : - Buku panduan materi
    - Perlengkapan kelas

  1. Rencana penilaian dan tindak lanjut                  : Bagaimana kesiapan anak menerima 
                                                                       layanan, jalannya layanan dan
                                                                       pelaksanannya

  1. Keterkaitan dengan layanan                              : Himpunan data

  1. Catatan khusus                                                   : -
























         Brebes, 28 Maret  2012                                                                            
            Mengetahui,                                                             
            Guru Pembimbing                                                    Praktikum
           



              NURDININGSIH, S.Pd                                       CICI SISWANTI
                                   
                NIP.  -                                                                      NPM. 1111500012
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING



A.    Topik permasalahan/Pokok pembahasan         : Hak dan Kewajiban Siswa                       

B.     Bidang Bimbingan                                            : Bimbingan Belajar

  1. Jenis Layanan                                                    : Layanan Informasi

  1. Fungsi Layanan                                                 : Pemahaman dan Pengembangan

E.     Tujuan Layanan / Hasil yang ingin dicapai  : - Agar siswa mengetahui hak dan kewajiban sebagai siswa
 -Siswa mampu menandai buku yang di  
   baca

  1. Sasaran Layanan                                               : Siswa Kelas VII D

  1. Uraian kegiatan dan  materi layanan                          
1. Kegiatan Awal                                              : - salam
  - perkenalan
  - cek daftar hadir siswa
  - Penjelasan materi

2. Kegiatan Inti                                          : Hak dan Kewajiban Siswa
                                                                            a. Pengertian dari Hak dan kewajiban
                                                                      siswa


3. Kegiatan Akhir                                       :  - Kesimpulan
                                                                    - Tanya Jawab
                                                                    - Penutup

  1. Metode / Pendekatan                                        : Ceramah dan Tanya Jawab

  1. Tempat Penyelenggaraan                                : Ruang kelas VII D


  1. Waktu                                                                          : 1 X 45menit ( 07.45 – 08.30 )
    Hari / Tanggal                                                  : Sabtu / 31 Maret 2012

  1.  Penyelengaraan Layanan                                : Praktikum Cici Siswanti

  1. Pihak-pihak yang disertakan                            : Guru pembimbing, siswa

  1.  Alat dan perlengkapan yang di gunakan         : - Buku panduan materi
    - Perlengkapan kelas

  1. Rencana penilaian dan tindak lanjut                  : Bagaimana pemahaman dan kerlibatan
                                                                       siswa setelah mendapat layanan

  1. Keterkaitan dengan layanan                              : Himpunan data

  1. Catatan khusus                                                   : -



























         Brebes, 31 Maret  2012                                                                            
            Mengetahui,                                                             
            Guru Pembimbing                                                    Praktikum
           



              NURDININGSIH, S.Pd                                       CITADEWI
                                   
                NIP.  -                                                                      NPM. 1111500085
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING



A.    Topik permasalahan/Pokok pembahasan        : Cara Belajar yang Baik                         

B.     Bidang Bimbingan                                            : Bimbingan Belajar

  1. Jenis Layanan                                                    : Layanan Informasi

  1. Fungsi Layanan                                                 : Pemahaman dan Pengembangan

E.     Tujuan Layanan / Hasil yang ingin dicapai  : -  Agar siswa memiliki pengembangan sikap
                                                                           dan kebiasaan belajar
  - Siswa mampu membiasakan diri di  
     manapun
  - Siswa mampu menandai buku yang di  
     baca

  1. Sasaran Layanan                                               : Siswa Kelas VII D

  1. Uraian kegiatan dan  materi layanan                          
1. Kegiatan Awal                                              : - salam
  - perkenalan
  - cek daftar hadir siswa
  - Penjelasan materi

2. Kegiatan Inti                                          : Cara Belajar tang Baik
                                                                            a. Pengertian hasil belajar
                                                                            b. Tips dan Trik belajar yang baik


3. Kegiatan Akhir                                       :  - Kesimpulan
                                                                    - Tanya Jawab
                                                                    - Penutup

  1. Metode / Pendekatan                                        : Ceramah dan Tanya Jawab

  1. Tempat Penyelenggaraan                                : Ruang kelas VII D


  1. Waktu                                                                          : 1 X 45menit ( 07.45 – 08.30 )
    Hari / Tanggal                                                  : Rabu / 4 April 2012

  1.  Penyelengaraan Layanan                                : Praktikum Cici Siswanti

  1. Pihak-pihak yang disertakan                              : Guru pembimbing, siswa

  1.  Alat dan perlengkapan yang di gunakan         : - Buku panduan materi
    - Perlengkapan kelas

  1. Rencana penilaian dan tindak lanjut                  : Mengamati secara langsung tentang
                                                                      keberhasilan belajar siswa

  1. Keterkaitan dengan layanan                              : Himpunan data

  1. Catatan khusus                                                   : Diharapkan siswa dapat belajar secara
                                                                       efektif dan efisien
























         Brebes, 4 April 2012                                                                            
            Mengetahui,                                                             
            Guru Pembimbing                                                    Praktikum
           



              NURDININGSIH, S.Pd                                       CICI SISWANTI
                                   
                NIP.  -                                                                      NPM. 1111500012
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING



A.    Topik permasalahan/Pokok pembahasan         : Memanfaatkan Waktu Luang                  

B.     Bidang Bimbingan                                            : Bimbingan Belajar

  1. Jenis Layanan                                                    : Layanan Informasi

  1. Fungsi Layanan                                                 : Pemahaman dan Pengembangan

E.     Tujuan Layanan / Hasil yang ingin dicapai : - Memberikan materi tentang bagaimana cara – cara memanfaatkan waktu luang
  - Siswa aktif mendengar dan bertanya

  1. Sasaran Layanan                                               : Siswa Kelas VII D

  1. Uraian kegiatan dan  materi layanan                          
1. Kegiatan Awal                                              : - salam
  - perkenalan
  - cek daftar hadir siswa
  - Penjelasan materi

2. Kegiatan Inti                                          : Memanfaatkan Waktu Luang
                                                                            a. Buat daftar
                                                                            b. Fokus pada kekuatan
                                                                            c. Ingat tujuan

3. Kegiatan Akhir                                       :  - Kesimpulan
                                                                    - Tanya Jawab
                                                                    - Penutup

  1. Metode / Pendekatan                                        : Ceramah dan Tanya Jawab

  1. Tempat Penyelenggaraan                                : Ruang kelas VII D


  1. Waktu                                                                          : 1 X 45menit ( 07.45 – 08.30 )
    Hari / Tanggal                                                  : Sabtu / 7 April 2012

  1.  Penyelengaraan Layanan                                : Praktikum Cici Siswanti

  1. Pihak-pihak yang disertakan                            : Guru pembimbing, siswa

  1.  Alat dan perlengkapan yang di gunakan         : - Buku panduan materi
    - Perlengkapan kelas

  1. Rencana penilaian dan tindak lanjut                  : Konseling individu

  1. Keterkaitan dengan layanan                              : Himpunan data

  1. Catatan khusus                                                   : -





























         Brebes, 7 April  2012                                                                            
            Mengetahui,                                                             
            Guru Pembimbing                                                    Praktikum
           



              NURDININGSIH, S.Pd                                       CICI SISWANTI
                                   
                NIP.  -                                                                      NPM. 1111500012
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING



A.    Topik permasalahan/Pokok pembahasan         : Menggali Potensi dari Bakat dan Minat                        

B.     Bidang Bimbingan                                            : Bimbingan Belajar

  1. Jenis Layanan                                                    : Layanan Informasi

  1. Fungsi Layanan                                                 : Pemahaman dan Pengembangan

E.     Tujuan Layanan / Hasil yang ingin dicapai : - Siswa dapat menggali bakat dan minat 
 sejak dini
  - Siswa memilih bakat dan minat sesuai 
     keinginan

  1. Sasaran Layanan                                               : Siswa Kelas VII D

  1. Uraian kegiatan dan  materi layanan                          
1. Kegiatan Awal                                              : - salam
  - perkenalan
  - cek daftar hadir siswa
  - Penjelasan materi

2. Kegiatan Inti                                          : Menggali Potensi dari Bakat dan Minat
                                                                            a. Menjelaskan pentingnya bakat dan 
                                                                                minat sejak dini
                                                                            b. Menjelaskan keuntungan prestasi yang
                                                                      optimal

3. Kegiatan Akhir                                       :  - Kesimpulan
                                                                    - Tanya Jawab
                                                                    - Penutup

  1. Metode / Pendekatan                                        : Ceramah dan Tanya Jawab

  1. Tempat Penyelenggaraan                                : Ruang kelas VII D


  1. Waktu                                                                          : 1 X 45menit ( 07.45 – 08.30 )
    Hari / Tanggal                                                  : Rabu / 11 April 2012

  1.  Penyelengaraan Layanan                                : Praktikum Cici Siswanti

  1. Pihak-pihak yang disertakan                              : Guru pembimbing, siswa

  1.  Alat dan perlengkapan yang di gunakan         : - Buku panduan materi
    - Perlengkapan kelas

  1. Rencana penilaian dan tindak lanjut                  : Konseling individu

  1. Keterkaitan dengan layanan                              : Himpunan data

  1. Catatan khusus                                                   : -



























         Brebes, 11 April  2012                                                                            
            Mengetahui,                                                             
            Guru Pembimbing                                                    Praktikum
           



              NURDININGSIH, S.Pd                                       CICI SISWANTI
                                   
                NIP.  -                                                                      NPM. 1111500012
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING



A.    Topik permasalahan/Pokok pembahasan         : Pengembangan Kegiatan Belajar                         

B.     Bidang Bimbingan                                            : Bimbingan Belajar

  1. Jenis Layanan                                                    : Layanan Informasi

  1. Fungsi Layanan                                                 : Pemahaman dan Pencegahan

E.     Tujuan Layanan / Hasil yang ingin dicapai     : - Siswa memiliki kebiasaan belajar
    - Siswa dapat mencapai hasil belajar yang
       baik

  1. Sasaran Layanan                                               : Siswa Kelas VII D

  1. Uraian kegiatan dan  materi layanan                          
1. Kegiatan Awal                                              : - salam
  - perkenalan
  - cek daftar hadir siswa
  - Penjelasan materi

2. Kegiatan Inti                                          : Pengembangan Kegiatan Belajar
                                                                            a. Kesalahan - kesalahan umun dalam
                                                                      proses belajar
                                                                            b. Pelaksanaan belajar mengajar, jadwal
                                                                      pelajaran
                                                                            c. Lingkungan dan fasilitas yang
                                                                       menunjang kegiatan belajar

3. Kegiatan Akhir                                       :  - Kesimpulan
                                                                    - Tanya Jawab
                                                                    - Penutup

  1. Metode / Pendekatan                                        : Ceramah dan Tanya Jawab

  1. Tempat Penyelenggaraan                                : Ruang kelas VII D


  1. Waktu                                                                          : 1 X 45menit ( 07.45 – 08.30 )
    Hari / Tanggal                                                  : Sabtu / 14 April 2012

  1.  Penyelengaraan Layanan                                : Praktikum Cici Siswanti

  1. Pihak-pihak yang disertakan                              : Guru pembimbing, siswa

  1.  Alat dan perlengkapan yang di gunakan         : - Buku panduan materi
    - Perlengkapan kelas

  1. Rencana penilaian dan tindak lanjut                  : Konseling individu

  1. Keterkaitan dengan layanan                              : Himpunan data

  1. Catatan khusus                                                   : Mengamati secara cermat sikap anak


























         Brebes, 14 April  2012                                                                            
            Mengetahui,                                                             
            Guru Pembimbing                                                    Praktikum
           



              NURDININGSIH, S.Pd                                       CICI SISWANTI
                                   
                NIP.  -                                                                      NPM. 1111500012

11 komentar: